Translate

Sabtu, 06 Oktober 2012

RPP PAI Berkarakter kelas X 2012 Terbaru


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama sekolah                          :           SMA Negri 4 Tang-Sel
Mata Pelajaran                        :           Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        :           SMA kelas X/Semester 2
Materi Pembelajaran               :           Berperilaku Tercela
Pendekatan                             :           Pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional, dan fungsional
Metode                                    :           Ceramah, tanya jawab, number hand together, diskusi, dan pemberian tugas
Waktu                                     :           4 jam pelajaran (2x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Menghindari perilaku tercela.

B.     Kompetensi Dasar
10.1.        Menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi.
10.2.        Menyebutkan contoh perilaku hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi.
10.3.        Menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari.

C.    Indikator Pencapaian Hasil Belajar
10.1.1.  Mampu menjelaskan pegertian hasad.
10.1.2.  Mampu menjelaskan pengertian riya’.
10.1.3.  Mampu menjelaskan pengertian aniaya dan diskriminasi.
10.2.1.  Mampu menyebutkan cotoh perilaku hasad.
10.2.2.  Mampu menyebutkan contoh perilaku riya’.
10.2.3.  Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya dan diskriminasi.
10.3.1.  Mampu menghindari perilaku hasad.
10.3.2.  Mampu menghindari perilaku riya’.
10.3.3.  Mampu menghindari perilaku aniaya.
10.3.4.  Mampu menghindari perilaku diskriminasi.
D.    Uraian Materi Pembelajaran
Materi pokok: Berperilaku Tercela
Uraian materi pokok:
  1. Hasud
·         Pengertian hasud, hukum dan alasan hukumnya.
·         Kerugian/bahaya hasud.
  1. Riya’
·         Pengertian riya’, hukum dan alasan hukumnya.
·         Macam-macam riya’ dan akibat buruknya.
  1. Aniaya
·         Pengertian aniaya, hukum dan alasan hukumnya.
·         Macam-macam aniaya dan akibat buruknya.

  1. Diskriminasi
·         Pengertian diskriminasi, hukum dan alasan hukumnya.
·         Macam-macam diskriminasi dan akibat buruknya.

E.        Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
·         Mampu menjelaskan pengertian hasad
·         Mampu menjelaskan pengertian riya
·         Mampu menjelaskan pengertian aniaya
·         Mampu menjelaskan pengertian diskriminasi
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku hasad
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku riya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku aniaya
·         Mampu menyebutkan contoh perilaku diskriminasi
·         Mampu menghindari perilaku hasad
·         Mampu menghindari perilaku riya
·         Mampu menghindari perilaku aniaya
·         Mampu menghindari perilaku diskriminasi
·         Mampu berperilaku yang mencerminkan sikap menghargai hak orang lain.
F.     Pengalaman Belajar
§  Membaca buku sumber yang berkaitan dengan materi pelajaran yaitu buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X Bab 10, Penerbit Erlangga.
§  Menjelaskan pengertian hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi.
§  Menyebutkan contoh-contoh perilaku hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi.
§  Menghindari perilaku hasad, riya’, aniaya, dan diskriminasi.
§  Mengerjakan soal-soal latihan Bab 10 (Perilaku Tercela).
§  Mengikuti ulangan harian materi pembelajaran Bab 10.

G.    Media Pembelajaran
1.      Alat:    - Al-Qur'an dan terjemahnya
2.      Sumber bahan: Buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X, Penerbit Erlangga.

H.    Skenario Pembelajaran
a.      Pendahuluan
1.      Tadarus Al-Qur'an (5-10 menit).
2.      Mengadakan apersepsi dan motivasi belajar.
3.      Memberikan soal tes awal (pretes).
4.      Informasi tentang indikator pencapaian hasil belajar.

b.      Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut :
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi
Pengertian Menghindari Perilaku Tercela”
Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Apakah pengertian hasad dan riya itu?
·         Pernahkah kalian menghindari diri dari sifat aniaya dan diskriminasi?
·         Guru menunjuk seorang siswa yang mengetahui tentang menghindari perilaku tercela untuk memberikan opininya kepada teman-temannya dibawah bimbingan guru.
·         Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkannya kembali.
·         Guru menjelaskan tentang menghindari perilaku tercela.
Eksplorasi
·         Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi yang bersumber dari bacaan dengan pengamatan dari guru.
·         Lalu, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi kepada siswa.
·         Setelah selesai guru menjelaskan pengertian hasad, riya, aniaya dan diskriminasi.
·         Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam menghindari perilaku tersebut.
·         Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perilaku tersebut secara berkelompok. Guru memberikan nomer pada setiap siswa dan memerintahkan setiap nomer terkait untuk berkumpul dengan kelompoknya serta mendiskusikan kembali materi yang telah diajarkan.
·         Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
·         Hasad, riya, aniaya dan diskriminasi merupakan perilaku yang seharusnya kita hilangkan, karena tidak sesuai dengan fitrah manusia. Berhati-hatilah terhadap sifat hasad (iri dan dengki), karna sesungguhnya hasad dapat mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu. Sifat riya dapat menyia-nyiakan amal ibadah yang pernah kita lakukan sebagaimana syirik mmenyia-nyiakannya dan ada tiga perkara yang dapat membinasakan diri seseorang, diantaranya nafsu yang dituruti, kekikiran yang dipatuhi, dan seseorang yang membanggakan dirinya sendiri.
c.       Penutup
1.      Menyimpulkan materi pembelajaran.
2.      Menyampaikan tes akhir (postes).
3.      Pemberian tugas mengerjakan soal-soal latihan Bab 10.



I.       Penilaian
a.       Prosedur
1.      Penilaian poses belajar melalui pengamatan/ observasi, tanya jawab, dan tugas.
2.      Penilaian hasil belajar melalui tugas individu untuk mengerjakan soal-soal latihan Bab 10 dan ulangan harian Bab 10.
b.      Alat penilaian: lembar pengamatan dan tes tertulis.
J.      Lembar Penilaian
Tes Tertulis/ esay
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
1
Jelaskan pengertian dari sifat tercela?
Sifat tercela yaitu tingkah laku yang tidak patut untuk dicontohi.
2
Apa nama lain dari akhlak tercela?
Akhlak mazmumah
3
Apa yang dimaksud dengan sifat hasud, riya, aniaya dan diskriminasi?
·     Hasud yaitu sikap tidak senang terhadap kenikmatan yang diperoleh orang lain dan berusaha untuk menghilangkannya atau mencelakai orang lain tersebut.
·     Riya adalah memperlihatkan suatu amal ibadah saleh kepada orang lain bukan karena Allah, tetapi karena sesuatu karna selain Allah.
·     Aniaya yaitu perbuatan bengis, dalam arti menempatkan sesuatu bukan pada tempatnya.
·     Diskriminasi yaitu memisahkan/ pilih kasih.
4
Berikan 2 buah contoh kerugian bagi orang yang melakukan sifat tercela?
·     Dapat merusak iman yang berbuat hasud,
·     Dapat memutuskan tali silaturrahmi
5
Bagaimana cara menjaga diri agar terhindar dari sifat tercela?
·     Selalu mengingat Allah, taat akan segala perintah dan menjauhi larangannya,
·     Harus memiliki jiwa sosialisasi yang tinggi terhadap siapapun, dll.


Keterangan :
Skor Tes tertulis
01                          =                      10
02                          =                      20
03                          =                      30
04                          =                      20
05                          =                      20   +
    100



Mengetahui,                                                                            Tang-Sel,    Februari 2012
Kepala SMAN 4 Tang-Sel                                                      Guru mata pelajaran


…………………………….                                                   …………………….............
NIP. __________________                                                   NIP. __________________


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah             :           SMAN 4 Tang-Sel
Mata Pelajaran            :           Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester            :           SMA kelas X/Semester 2
Materi Pembelajaran   :           Zakat, Haji, dan Wakaf
Pendekatan                 :           Ibadah, pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional, dan
                                                fungsional
Metode                        :           Ceramah, tanya jawab, diskusi, praktek dan pemberian tugas
Waktu                         :           6 jam pelajaran (3x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Memahami hukum Islam tentang zakat, haji, dan wakaf.

B.     Kompetensi Dasar
11.1.        Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat, haji, dan wakaf.
11.2.        Menyebutkan contoh-contoh pengelolaan zakat, haji, dan wakaf.
11.3.        Menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.

C.    Indikator Pencapaian Hasil Belajar
11.1.1.  Mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
11.1.2.  Mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
11.1.3.  Mampu menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
11.2.1.  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat.
11.2.2.  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji.
11.2.3.  Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf.
11.3.1.  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat.
11.3.2.  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang haji.
11.3.3.  Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.



D.    Uraian Materi Pembelajaran
      Materi pokok: Zakat, Haji, dan Wakaf
      Uraian materi pokok:
a.       Zakat
·         Ketentuan hukum Islam tentang zakat.
·         Pengelolaan zakat di Indonesia, mengacu kepada perundang-undangan tentang zakat.
b.      Haji
·         Ketentuan hukum Islam tentang haji.
·         Penyelenggaraan haji di Indonesia mengacu kepada perundang-undangan tentang haji.
c.       Wakaf
·         Ketentuan hukum tentang wakaf.
·         Pelaksanaan wakaf di Indonesia mengacu kepada perundang-undangan tentang wakaf.

E.     Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk:
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan zakat.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan haji.
·         Mampu menjelaskan tentang manasik haji.
·         Menjelaskan perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf.
·         Menjelaskan ketentuan syar’i tentang zakat, haji dan wakaf.
·         Mampu menyebutkan contoh pengelolaan zakat.
·         Mampu menyebutkan contoh pengelolaan haji.
·         Mampu menyebutkan contoh pengelolaan wakaf.
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang zakat.
·         Mampu menerapkan perundang-undangan tentang haji.
·         Mampu menerapkan ketentuan perundang-undangan tentang wakaf.



F.     Pengalaman Belajar
§  Membaca buku sumber yang berkaitan dengan materi pelajaran yaitu buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X Bab 11, Penerbit Erlangga.
§  Diskusi dan tanya jawab tentang ketentuan hukum Islam mengenai zakat, haji, dan wakaf.
§  Diskusi dan tanya jawab tentang perundang-undangan di Indonesia menegnai zakat, haji, dan wakaf.
§  Diskusi dan tanya jawab mengenai praktek pelaksanaan zakat, haji, dan wakaf di Indonesia.
§  Mengerjakan soal-soal latihan bab 11 mengenai zakat, haji, dan wakaf.

G.    Media Pembelajaran
1.   Alat:    - Al-Qur'an dan terjemahnya
2.   Sumber bahan: Buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X Bab 11, Penerbit Erlangga.

H.    Skenario Pembelajaran
a.       Pendahuluan
1.      Tadarus Al-Qur'an (5-10 menit).
2.      Mengadakan apersepsi dan motivasi belajar.
3.      Memberikan soal tes awal (pretes).
4.      Informasi indikator pencapaian hasil belajar.
b.      Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa tentang materi memahami hokum islam tentang zakat, haji dan wakaf.
®    Guru mengawali dengan mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·         Pernahkah kalian mendengar tentang zakat, haji dan wakaf?
·         Pernahkah kalian mengetahui ketentuan syar’I tentang zakat, haji dan wakaf?
·         Siapakah diantara kalian yang mengerti arti zakat, haji dan wakaf?
®    Guru menunjuk seorang siswa yng sudah pernah mengetahui tentang zakat, haji dan  wakaf untuk membarikan opininya kepada teman-temannya di bawah bimbingan guru.
®    Setelah para siswa selesai mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkannya kembali.
®     Guru menjelaskan tentang sumber hukum zakat, haji dan wakaf.
Eksplorasi
-          Selanjutnya siswa menyebutkan sumber hukum zakat, haji dan wakaf dari sumber bacaan dengan pengamatan dari guru.
-          Selanjutnya, guru mengajukan beberapa pertanyaan tentang apakah yang menjadi sumber hukum zakat, haji dan wakaf kepada siswa.
-          ‘setelah selesai guru menjelaskan tentang sumber hukum zakat, haji dan wakaf.
-          Guru menjelaskan kepada siswa akan hikmah yang terkandung dalam zakat, haji dan wakaf.
-          Guru menugaskan kepada siswa untuk mendiskusikan tentang perundang-undangan tentang pengelolaan wakaf secara berkelompok.
-          Siswa diminta untuk menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
®    Abu Hurairah r.a.  mengatakan bahwa seorang dusun dating kepada Nabi SAW lalu berkata, “Tunjukkan kepadaku amal yang apabila saya amalkan, maka saya akan masuk surge.” Beliau menjawab, “kamu menyembah Allah, tidak menyekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, mendirikan shalat fardhu, menunaikan zakat yang diwajibkan, dan berpuasa pada bulan Ramadan.” Ia berkata, “Demi Zat diriku berasa dalam genggaman-Nya (kekuasaan-Nya), saya tidak menambah atas ini,” ketika orang itu berpaling, Nabi SAW bersabda, “Barang siapa yang ingin melihat seseorang dari penghuni surga, maka lihatlah orang ini.”
c.       Penutup
1.      Menyimpulkan materi pembelajaran.
2.      Memberikan tes akhir.
3.      Pemberian tugas mengerjakan soal-soal latihan Bab 11.

I.       Penilaian
a.       Prosedur
1.      Penilaian poses belajar melalui pengamatan/ observasi, tanya jawab, dan tugas.
2.      Penilaian hasil belajar melalui tugas individu untuk mengerjakan soal-soal latihan Bab 11 dan mengikuti ulangan harian Bab 11.
b.      Alat penilaian: lembar pengamatan dan soal-soal pilihan ganda dan esay.

J.      Lembar Penilaian
Tes Tertulis/ esay
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
1
Apakah yang dimaksud dengan zakat, haji dan wakaf itu…
·    Zakat yaitu mengeluarkan sebagian harta-benda sebagai sedekah wajib, sesuai perintah Allah SWT kepada orang-orang yang telah memenuhi syarat dan sesuai pula dengan ketentuan hukum islam.
·    Haji yaitu menyengaja mendatangi ka’bah untuk menunaikan amalan tertentu dimulai setelah tergelincirnya matahari tgl 9 dzulhijjah sampai terbit fajar tgl 10 dzulhijjah.
·    Wakaf yaitu menyerahkan suatu benda yang kekal zatnya untuk diambil manfaatnya.
2
Badan atau organisasi yang mengurusi zakat dan shodaqoh adalah…
BAZIS: Badan Amil Zakat Infak dan Shodaqoh
3
Sebutkan syarat wajib seorang muslim dan muslimah dalam melaksanakan ibadah haji…
·     Beragama islam,
·     Berakal sehat,
·     Balight,
·     Merdeka, bukan hamba sahaya
·     Kuasa atau mampu mengerjakan (isti’toah)
4
Sebutkan macam-macam rukun wakaf?
·     Wakif (yang berwakaf)
·     Mauquf atau barang yang diwakafkan
·     Mauquf alaihi (tempat berwakaf)
·     Lafal atau ucapan wakaf.
5
Jelaskan hikmah zakat, haji  dan wakaf bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara!
·     Meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT.
·     Menumbuhkan rasa kasih sayang terhadap sesama manusia,
·     Mempererat tali silaturrahmi,
·     Melatih diri untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang Allah berikan, dll



Keterangan :
Skor Tes tertulis
01                          =                      20
02                          =                      20
03                          =                      20
04                          =                      20
05                          =                      20   +
    100



Mengetahui,                                                                            Tang-Sel,    Februari 2012
Kepala SMAN 4 Tang-Sel                                                      Guru mata pelajaran


…………………………….                                                   Nur Aini. S.Pd.I_________
NIP. __________________                                                   NIP. __________________

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama sekolah                          :           SMA Negri 4 Tang-Sel
Mata Pelajaran                        :           Pendidikan Agama Islam
Kelas/Semester                        :           SMA kelas X/Semester 2
Materi Pembelajaran               :           Keteladanan Rosulullah Periode Madinah
Pendekatan                             :           Pembinaan dan pembiasaan, rasional, emosional, dan fungsional
Metode                                    :           Ceramah, tanya jawab, number hand together, diskusi, dan pemberian tugas
Waktu                                     :           6 jam pelajaran (3x pertemuan)

A.    Standar Kompetensi
Memahami keteladanan Rasulullah SAW dalam membina umat periode Madinah.

B.     Kompetensi Dasar
12.1.        Menceritakan sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
12.2.        Mendiskripsikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

C.    Indikator Pencapaian Hasil Belajar
12.1.1.  Mampu menjelaskan sejarah dakwah periode Madinah.
12.1.2.  Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
12.1.3.  Mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
12.1.4.  Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

D.    Uraian Materi Pembelajaran
Materi pokok: Keteladanan Rasulullah SAW Periode Madinah.
Uraian materi pokok:
a.       Sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
·         Arti sejarah dan tujuan Rasulullah SAW berhijrah.
·         Dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
·         Dakwah Rasulullah SAW keluar Jazirah Arabia.
b.      Strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
·         Pokok-pokok pikiran yang dijadikan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
·         Membangun masjid.
·         Mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dan Ansar.
·         Perjanjian untuk saling membantu antara umat Islam dan umat non Islam.

E.        Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
·         Mampu menjelaskan sejarah dakwah periode Madinah.
·         Mampu menunjukkan profil dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
·         Mampu menjelaskan strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah
·         Mampu meneladani strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah

F.     Pengalaman Belajar
§  Membaca materi pembelajaran Bab 12 (Keteladanan Rasulullah SAW Periode Madinah) dlam buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X, Penerbit Erlangga.
§  Mempelajari dan mendiskusikan tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
§  Mempelajari dan mendiskusikan tentang strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
§  Meneladani strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
G.    Media Pembelajaran
1.      Alat:    - Al-Qur'an dan terjemahnya
2.      Sumber bahan: Buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X, Penerbit Erlangga.

H.    Skenario Pembelajaran
Pertemuan 1
  1. Pendahuluan
    1. Mengadakan apersepsi dan motivasi belajar.
    2. Memberikan soal tes awal (pretes).
    3. Informasi indikator pencapaian hasil belajar.
    4. Kegiatan Inti
      1. Guru menjelaskan materi zakat diselingi dengan tanya jawab.
      2. Siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan yang diberikan guru.
      3. Penutup
        1. Menyimpulkan materi pembelajaran.
        2. Memberikan tes akhir.
        3. Pemberian tugas mengerjakan soal-soal latihan di rumah
Pertemuan 2
a.       Pendahuluan
a.       Mengadakan apersepsi dan motivasi belajar.
b.      Memberikan soal tes awal (pretes).
c.       Informasi indikator pencapaian hasil belajar
b.      Kegiatan inti
1.         Guru menjelaskan materi dengan menggunakan LCD dengan diselingi tanya jawab.
2.         Siswa memperhatikan dan menjawab beberapa pertanyaan dari guru
c.          Penutup
1.         Menyimpulkan materi pembelajaran.
2.         Memberikan tes akhir.
3.          Pemberian tugas mengerjakan soal-soal latihan di rumah
Pertemuan 3
a.       Pendahuluan
1.      Mengadakan apersepsi dan motivasi belajar.
2.      Memberikan soal tes awal (pretes).
3.       Informasi indikator pencapaian hasil belajar
b.      Kegiatan inti
1.         Guru menyuruh siswa untuk membacakan soal dan jawabannya satu persatu.  Guru dan  siswa membetulkan atau melengkapi jawaban yang kurang tepat dan lengkap.
2.         Guru menjelaskan materi wakaf dengan diselingi tanya jawab
3.         Siswa memperhatikan dan menjawab pertanyaan dari guru
c.          Penutup
1.            Menyimpulkan materi pembelajaran.
2.            Memberikan tes akhir.
3.            Pemberian tugas mengerjakan soal-soal latihan di rumah
a.       Pendahuluan
1.      Tadarus Al-Qur'an (5-10 menit).
2.      Apersepsi dan motivasi belajar.
3.      Menyampaikan tes awal (pre test).
4.      Informasi tentang indikator pencapaian hasil belajar.
b.      Kegiatan Inti
1.      Membaca tentang materi pembelajaran Bab 12 dalam buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X, Penerbit Erlangga.
2.      Menjelaskan, tanya jawab, dan diskusi tentang sejarah dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
3.      Menjelaskan, tanya jawab, dan diskusi tentang strategi dakwah Rasulullah SAW periode Madinah.
c.       Penutup
1.      Menyimpulkan materi pembelajaran.
2.      Menyampaikan tes akhir (post test).
3.      Pemberian tugas individu untuk mengerjakan soal-soal latihan Bab 12.
4.      pemberian tugas untuk mengerjakan soal-soal latihan ulangan akhir semester 2 dalam buku Pendidikan Agama Islam SMA Kelas X, Penerbit Erlangga.
b.      Penilaian
1.      Prosedur
1.      Penilaian poses belajar melalui pengamatan/ observasi, tanya jawab, dan tugas.
2.      Penilaian hasil belajar melalui tugas individu untuk mengerjakan soal-soal latihan Bab 10 dan ulangan harian Bab 10.
2.      Alat penilaian: lembar pengamatan dan tes tertulis.
c.       Lembar Penilaian
Tes Tertulis/ esay
No
Butir-butir soal
Kunci Jawaban
1
Apa yang dijadikan tujuan perang antara kaum muslimin dengan kaum kafir pada masa Rosulullah SAW?

2
Sebutkan 5 macam isi perjanjian Hudaibiyah?

3
Kemukakan sebab-sebab terjadinya pembebasan kota Mekah dari penguasa kafir Quraisy pada Tahun 8 Hijriyah?

4
Jelaskan cara yang ditempuh Rosulullah SAW dalam dakwah di luar negeri!

5
Kemukakan pokok fikiran yang dijadikan strategi dakwah Rosulullah SAW pada periode Madinah!



Keterangan :
Skor Tes tertulis
01                          =                      20
02                          =                      20
03                          =                      20
04                          =                      20
05                          =                      20   +
    100



Mengetahui,                                                                            Tang-Sel,    Februari 2012
Kepala SMAN 4 Tang-Sel                                                      Guru mata pelajaran


…………………………….                                                   Nur Aini S.Pd.I_________
NIP. __________________                                                   NIP. __________________


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar